12 February 2015

Pasar



A. Pengertian Pasar
1.  Tempat pertemuan antara para pedagang, baik pedagang besar atau pedagang kecil dengan para pembelinya (konsumen).
2.  Tempat terjadinya penawaran dan permintaan terhadap barang/jasa tertentu.
3.  Tempat terjadinya transaksi jual beli dari berbagai macam jenis barang/jasa.
4.  Tempat pertemuan permintaan dan penawaran barang atau jasa.
Berdasarkan pada pengertian di atas disimpulkan bahwa pasar adalah sarana bertemunya pembeli dan penjual untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah suatu barang baik secara langsung maupun tidak langsung.
Pasar dapat terbentuk apabila telah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: adanya penjual dan pembeli, adanya barang dan jasa yang diperjualbelikan, adanya media atau tempat untuk melakukan interaksi jual beli, adanya interaksi antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli.

B. Fungsi Pasar
1.  Pasar sebagai sarana distribusi memiliki fungsi yaitu memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
2.  Pasar sebagai pembentuk harga memiliki fungsi yaitu mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
3.  Pasar sebagai sarana promosi memiliki fungsi yaitu menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa tentang manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen.

C. Peranan Pasar
1.  Peranan pasar bagi konsumen diantaranya tempat mendapatkan/membutuhkan barang atau jasa, tempat yang potensial bagi konsumen untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.
2.  Peranan pasar bagi produsen diantaranya tempat memperkenalkan hasil produksi secara langsung, tempat memasarkan hasil produksi, tempat mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan untuk proses produksi, tempat untuk mengembangkan/meningkatkan produksi serta memudahkan mendapatkan tenaga kerja.
3.  Peran pasar bagi sumber daya manusia diantaranya dapat mengurangi pengangguran dan membuka lapangan kerja, dapat menerapkan keterampilan dan kemampuan.
4.  Peran pasar bagi pembangunan diantaranya dapat meningkatkan pembangunan, sebagai sumber pendapatan bagi pemerintah daerah, membantu menyediakan berbagai macam barang dan jasa yang bermanfaat untuk pembangunan.

No comments: