03 June 2015

Konsolidasi dan Interseksi di Masyarakat


A. Konsolidasi
Konsolidasi adalah suatu proses penguatan atau peneguhan keanggotaan individu atau beberapa kelompok yang berbeda dalam suatu kelompok sosial, melalui tumpang tindih keanggotaan.
Struktur sosial yang terkonsolidasi berfungsi untuk menghambat proses integrasi sosial dalam masyarakat majemuk karena terjadinya penguatan identitas yang dalam batas-batas tertentu akan mempertajam prasangka antara ras, suku bangsa, agama yang berbeda.
Penajaman prasangka semakin merata bila ras, suku bangsa, agama yang berbeda terjadi pula perbedaan peluang untuk memperoleh kesempatan dalam pemenuhan kebutuhan hidup melalui proses ekonomi dan memperoleh jabatan atau kekuasaan dalam politik. Sehingga timbul kesenjangan ekonomi dan sosial.
B. Interseksi
Interseksi merupakan persilangan atau pertemuan keanggotaan suatu kelompok sosial dari berbagai seksi, baik berupa suku, agama, jenis kelamin, kelas sosial dan lain-lain dalam suatu masyarakat majemuk. Struktur sosial yang terinterseksi berfungsi positif terhadap proses integrasi sosial dalam masyarakat majemuk karena memungkinkan orang-orang yang berbeda-beda, ras, suku bangsa, agama maupun profesi dapat saling bergaul dan berinteraksi melalui kelompok-kelompok sosial yang ada. Keanggotaan warga masyarakat dalam kelompok-kelompok sosial yang saling menyilang akan menimbulkan terjadinya loyalitas yang juga saling menyilang.
Akibat interseksi terhadap kemajemukan masyarakat, antara lain :
1.    Meningkatkan solidaritas antar anggota suatu kelompok sosial.
2.    Menimbulkan konflik jika perbedaan-perbedaan tersebut semakin tajam.
3.    Persilangan keanggotaan suatu kelompok sosial dari berbagai seksi tidak terjadi begitu saja namun dibantu dengan adanya interaksi di antara berbagai seksi. Interaksi antara satu seksi dengan seksi lainnya dilakukan melalui hubungan ekonomi, sosial  dan politik.
a)    Hubungan ekonomi
-    Melalui perdagangan
-    Melalui perindustrian
b)   Sosial
-    Melalui perkawinan
-    Melalui pendidikan
c)    Politik
-    Hubungan diplomatik atau hubungan antar negara.

2 comments:

Siti Toyibah, S.Pd. said... Balas

Trims sdh berbagi ilmu dg kami.... 😊

Adlan Zaman said... Balas

@Siti Toyibah, S.Pd.: terimakasih kembali, sudah berkunjung di blog ini.