03 June 2015

Pengaruh Deferensiasi dan Stratifikasi Sosial di Masyarakat


A. Penjelasan
Adanya diferensiasi dan stratifikasi sosial memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap masyarakat, antara lain menimbulkan perbedaan kesempatan hidup (life changeces). Bentuk diferensiasi dan stratifikasi sangat penting bagi individu-individu dalam kelompok sosial karena memiliki pengaruh terhadap kesempatan hidup (life changes) mereka. Kesempatan hidup merupakan kesempatan seseorang untuk berhasil atau gagal dalam segala aspek kehidupan yang diatur berdasarkan apa yang dianggap menarik atau tidak menarik. Diferensiasi, stratifikasi serta kesempatan hidup saling berhubungan dan tidak terpisahkan satu sama lain bahkan cenderung tumpang tindih dan saling melengkapi.
B. Berbagai pengaruh adanya diferensiasi dan stratifikasi sosial
1.  Perbedaan gaya hidup
2.  Perbedaan peluang hidup dan kesehatan
3.  Perbedaan peluang bekerja dan berusaha
4.  Perbedaan respon terhadap perubahan
5.  Perbedaan kebahagiaan dan sosialisasi dalam keluarga
6.  Perbedaan perilaku politik
C. Aspek-aspek kehidupan sosial masyarakat yang dipengaruhi oleh diferensiasi, stratifikasi dan kesempatan hidup seseorang
1.  Kesehatan
Pengaruh diferensiasi dan stratifikasi terhadap kesehatan bisa dikatergorikan sebagai pengaruh tidak langsung, antara lain sebagai akibat dari ketidaksamaan tingkat ekonomi orang tersebut.
2.  Pendidikan
Pendidikan merupakan faktor yang cukup penting untuk menentukan peluang apakah seseorang iatu bisa sukses atau gagal dalam kehidupannya. Faktor-faktor sosial dan ekonomi memiliki pengaruh yang kuat terhadap tingkat dan kualitas pendidikan yang didapat oleh seseorang. Oleh karena itu manfaatkanlah kesempatan yang kalian miliki untuk mencapai pendidikan yang setinggi-tingginya dengan sumber daya yang ada, baik itu kelas menengah ke atas apalagi masyarakat kelas bawah, agar dapat mengubah hidupnya kearah yang lebih baik.
3.  Harapan hidup
Harapan hidup adalah rata-rata jumlah tahun tambahan yang dapat diharapkan oleh seseorang pada umur tertentu untuk dapat hidup dalam kategori sosial tertentu. Dalam arti yang sederhana harapan bisa disamakan dengan lamanya hidup seseorang di suatu tempat dan status sosial tertentu. Harapan hidup seseorang berhubungan dengan posisi seseorang dalam tingkatan sosialnya.
4.  Keadilan sosial
Masyarakat kelas bawah tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang cukup baik. Hal ini mengakibatkan pengetahuan dan akses mereka terhadap berbagai informasi menjadi terbatas, antara lain keterbatasan pengetahuan tentang hukum dan undang-undang. Mereka kurang menyadari apa yang menjadai hak dan kewajibannya sebagai anggota masyarakat.

2 comments:

perdi toni said... Balas

Assalamua'laikum
Warahmatullahi
Wabarakaatuh

Terima kadih infonya saudara;-)

Salam, Blogger

Tony Martin bin Mulyadi
http://tonymartin123.Blogspot.Com/

Adlan Zaman said... Balas

@perdi toni: Terima kasih sudah berkunjung di blog saya..