08 June 2015

Pemberontakan Andi Azis


Pemberontakan ini dipimpin oleh Kapten Andi Azis, seorang Komandan Kompi APRIS bekas KNIL. Latar belakang pemberontakan ini yaitu: Penolakan pemerintah RIS atas tuntutan Andi Azis yang menginginkan agar APRIS dari unsur KNIL di Ujung Pandang saja yang bertanggung jawab atas keamanan NIT; Penolakan terhadap kehadiran TNI ke Sulawesi Selatan. Sedang tujuan dari pemberontakan ini yaitu untuk mempertahankan berdirinya NIT.
Aksi-aksi yang dilakukan Andi Aziz bersama pasukannya diantaranya menduduki obyek-obyek penting seperti lapangan terbang dan kantor Telkom pada tanggal 5 April 1950, menawan pejabat Panglima Tentara dan Teritorium Indonesia Timur, Letkol A.Y. Mokoginta.
Usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk menumpas pemberontakan ini adalah
1.  Pada tanggal 8 April 1950, pemerintah memberi ultimatum agar dalam waktu 4 x 24 jam Andi Azis menyerah, karena tidak ada tanggapan kemudian mengirim pasukan yang dipimpin Mayor Worang untuk menangkap Andi Azis.
2.  Tanggal 26 April 1950, mengirimkan pasukan di bawah Kolonel A.E. Kawilarang dengan tiga angkatan dari kepolisian yang berasal dari:
-    Jawa Barat (Batalion l Brigade 14 Siliwangi) di bawah pimpinan Bokar Adikusumah.
-    Jawa Tengah (Brigade 10 Garuda Mataram) di bawah pimpinan Letkol. Soeharto.
-    Ditambah Batalyon yang dipimpin oleh Andi Matalata, dibantu Angkatan Laut dengan kapal Kovert Hang Tuah dan dari Angkatan Udara Wiradinata termasuk dua kompi Brimob.

No comments: