15 November 2016

Badan Di Bawah Naungan PBB


A.  IMF (International Monetary Fund)
IMF adalah lembaga keuangan internasional yang didirikan untuk menciptakan stabilitas sistem keuangan internasional. IMF didirikan setelah 45 negara mengadakan konferensi di Bratton Woods, Amerika Serikat pada Juli 1944. IMF berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 dan bermarkas di Washington DC, USA.
Tujuan didirikannnya IMF yaitu: memperluas perdagangan internasional kesempatan kerja serta meningkatkan pendapatan riil negara-negara anggota; memperluas kerja sama di bidang moneter anggotanya; mewujudkan stabilitas kurs valuta asing negara anggota; mewujudkan sistem pembayaran internasional yang mudah.
Sedang kegiatan utama dari IMF yaitu: Memonitor kebijakan nilai tukar uang negara anggota; Membantu negara anggota mengatasi masalah yang berkaitan dengan neraca pembayaran; Memberikan bantuan teknis dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas institusi serta sumber daya manusianya. Bantuan juga diberikan untuk mendesain dan mengimplementasikan kebijakan makro ekonomi serta perubahan struktur yang relatif.
B.  IBRD (International Bank for Reconstruction and Development)
IBRD disebut juga sebagai Bank Dunia (World Bank) merupakan organisasi pemberi kredit kepada negara-negara anggota untuk tujuan pembangunan. IBRD didirikan pada tanggal 27 Desember 1947 yang berkedudukan di Washington DC, Amerika Serikat.
IBRD memiliki tugas diantaranya: memberi bantuan untuk mengembangkan sifat multilateral investasi internasional; memberi bantuan kredit dengan syarat lunak dan suku bunga yang ringan; memberi bantuan untuk mempertahankan pinjaman internasional pada tingkat tinggi; memberi bantuan untuk mengembangkan pertumbuhan perniagaan yang stabil; memberi bantuan untuk perbaikan usaha dalam bidang pertanian, industri, jalan raya, dan perhubungan bagi negara-negara di dunia.
C.  GATT (General Agreement on Tariff and Trade)
GATT merupakan perjanjian umum tentang tarif dan perdagangan. GATT didirikan pada tanggal 30 Oktober 1947 dan mulai berjalan efektif sejak tanggal 1 Januari 1948. GATT membuat persetujuan yang dituangkan dalam prinsip GATT yaitu:
-     Prinsip resiprositas (reciprocity) yaitu perlakuan timbal balik saling menguntungkan yang harus dilakukan oleh negara sesama anggota GATT sebagai mitra dagang. Menurut asas ini, jika suatu negara memberikan keringanan impor pada suatu negara anggota lain, sebagai imbalan negara lain juga harus memberi keringanan pada negara pertama tadi.
-     Prinsip most favoured nation yaitu negara sebagai anggota GATT tidak boleh mengistimewakan negara atau sekelompok negara tertentu. Setiap fasilitas (terutama keringanan bea masuk) yang diberikan suatu negara pada negara anggota tertentu harus diberikan juga pada suatu negara anggota GATT) lainnya.
-     Prinsip transparansi adalah perlakuan dan kebijakan suatu negara harus diketahui oleh negara lain secara transparan.
Dalam pertemuan di Marrokesh (Maroko) tanggal 15 April 1994, GATT mulai tanggal 1 Januari 1995 diubah menjadi WTO (World Trade Organization). GATT dibubarkan di Jenewa, Swiss pada tanggal 12 Desember 1995. Pembubaran GATT dilakukan setelah organisasi ini berjalan berdampingan dengan WTO.
D.  WTO (World Trade Organization)
WTO adalah organisasi internasional yang bertugas menata dan memfasilitasi lalu lintas perdagangan antarnegara serta mengatasi perselisihan perdagangan antarnegara.
Tugas dari WTO diantaranya yaitu memantau pelaksanaan perjanjian dagang, mengevaluasi kebijakan perdagangan nasional negara anggota, sebagai forum negoisasi perdagangan dan aktif menangani setiap konflik perdagangan yang terjadi, memberikan bantuan teknik dan pelatihan untuk negara-negara berkembang, melakukan kerjasama dengan organisasi internasional lainnya.
E.  FAO (Food and Agricultural Organization)
FAO adalah organisasi yang bertujuan memberikan bantuan kepada negara-negara di dunia dalam bidang pangan serta menyelenggarakan persediaan bahan makanan dan produksi agraris internasional. FAO berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945 yang berpusat di Roma (Italia). Sebagai anggota FAO, Indonesia pernah menerima penghargaan atas keberhasilannya dalam meningkatkan produksi beras.
F.   ILO (International Labour Organization)
ILO merupakan organisasi perburuhan internasional yang bertugas mempromosikan keadilan sosial serta hak buruh. ILO berdiri melalui Traktat Versailles (Treaty of Versailles) tanggal 11 April 1919 yang berkedudukan di Jenewa, Swiss. Hal-hal yang diperjuangan ILO diantaranya penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM), standar hidup yang lebih baik, kondisi kerja yang manusiawi, kesempatan kerja, keamanan ekonomi.
Pada tahun 1944, ILO meluaskan tujuan dan prinsip dasarnya melalui Deklarasi Philadelphia (Declaration of Philadelphia). Kondisi yang diperjuangkan ILO bagi para pekerja adalah: penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM), standar hidup yang lebih baik, kondisi kerja yang manusiawi, kesempatan kerja, keamanan ekonomi.
Produk yang dihasilkan ILO baik berupa peraturan atau kesempatan antara pengusaha dan pekerja, antara lain: batasan lama bekerja adalah 8 jam per hari, perlindungan terhadap tenaga kerja wanita (Ibu) yang sedang hamil, pengaturan tentang pekerja anak, peningkatan keselamatan kerja, penciptaan kondisi kerja yang kondusif.
ILO dalam menjalankan kegiatannya juga menjalin kerjasama baik dengan pemerintah, pengusaha, dan organisasi pekerja. Kerjasama ini dilakukan melalui proyek promosi tenaga kerja, pengembangan SDM, produktivitas, hubungan industri, dan pendidikan bagi pekerja.
G.  UNIDO (United Nations Industrial Development Organization)
UNIDO merupakan organisasi pembangunan PBB yang bertujuan untuk memajukan perkembangan industri di negara-negara berkembang yaitu dengan memberikan bantuan teknis, program latihan, penelitian, dan penyediaan informasi. UNIDO didirikan pada tanggal 24 Juli 1967 yang berkedudukan di Wina, Austria.
H.  UNDP (United Nations Development Program)
UNDP adalah organisasi yang bertugas memberikan sumbangan untuk membiayai program-program pembangunan terutama bagi negara-negara yang sedang berkembang. UNDP dibentuk pada bulan November 1965.

No comments: