15 November 2016

Perubahan Sosial Budaya di Era Global


A. Perubahan Perilaku Masyarakat Sebagai Dampak dari Globalisasi
1.  Gaya hidup
Gaya hidup merupakan pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di masyarakat. Gaya hidup tradisional pada era globalisasi mulai ditinggalkan. Masyarakat mulai menganut gaya hidup yang berkembang menjadi budaya global. Gaya hidup ini antara lain dalam hal pendidikan, makanan, pakaian dan model rambut:
a)  Pada era globalisasi masyarakat dihadapkan pada persaingan hidup yang sangat ketat. Untuk menghadapinya masyarakat membutuhkan bekal wawasan dan ilmu pengetahuan yang memadai. Untuk itu pendidikan saat ini menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan dan diutamakan di manapun.
b)  Kebiasaan masyarakat mengonsumsi makanan pada era globalisasi cenderung ke hal yang lebih praktis. Masyarakat seringkali memilih makanan cepat saji/fast food ataupun makanan instan yang berasal dari negara-negara maju.
c)  Kecenderungan masyarakat sekarang dalam hal berpakaian adalah menggunakan pakaian yang praktis, sederhana namun berkualitas. Hal ini untuk mempermudah aktifitas terutama bagi masyarakat yang sibuk atau tingkat kegiatannya tinggi. Saat ini pakaian tradisional yang biasanya rumit hanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti upacara perkawinan, pawai ataupun acara-acara seremonial lainnya.
d) Selain pakaian, hal yang merupakan bagian dari perubahan perilaku masyarakat adalah dalam hal model rambut. Seperti pakaian, model rambut yang lebih dipilih pada umumnya adalah yang praktis/pendek. Ada kalanya model rambut tertentu menjadi trend/gejala umum seperti model punk.
2.  Komunikasi
Saat ini HP merupakan sesuatu yang menggejala umum. Hampir semua orang mengenalnya bahkan memilikinya. Mulai dari para eksekutif sampai tukang becak ataupun tukang loak. Kecanggihan teknologi komunikasi  seperti televisi, internet dan Hand Phone mempercepat proses globalisasi.
3.  Transportasi
Pada era globalisasi sekarang ini, masyarakat mobilitas masyarakat menjadi tinggi. Masyarakat mengutamakan perjalanan yang mudah, murah, cepat, praktis dan aman. Sekarang perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang banyak dilakukan oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah. Hal ini disebabkan ongkos naik pesawat saat ini sudah relatif murah.
4.  Nilai-nilai hidup
Pada era globalisasi nilai-nilai hidup masyarakat saling bertukar. Nilai yang semakin luntur adalah nilai tradisional. Nilai yang menjadi gejala umum saat ini adalah nilai yang bebas dan terbuka (demokratis). Nilai ini ada yang bersifat positif dan negatif.
B. Upaya Mengatasi Memudarnya Jati Diri Bangsa Akibat Globalisasi
1.  Meningkatkan pemahaman tentang Bhinneka Tunggal Ika.
2.  Menggunakan Pancasila sebagai filter budaya asing dan kemajuan iptek.
3.  Menggambarkan tantangan-tantangan global yang harus dihadapi bangsa Indonesia.
4.  Memotivasi bangsa Indonesia untuk bersikap kritis terhadap perubahan.

No comments: