23 May 2015

Benua Amerika


       Benua Amerika merupakan daratan yang sangat luas di bagian barat bumi, mencakup bumi belahan utara dan bumi belahan selatan. Luas dari benua Amerika yaitu ± 42.575.526 km2 dan ini menjadikan benua Amerika benua terluas kedua setelah benua Asia.
A. Letak dan batas wilayah
1)  Secara astronomis, Benua Amerika terletak di antara 72°LU - 59°LS dan 36°BB - 163°BB. Secara geografis, Benua Amerika terletak antara dua samudra yaitu Samudra Pasifik disebelah barat dan Samudra Atlantik disebelah timur.
2)  Batas-batas wilayahnya yaitu sebelah utara (Laut Es dan Selat Davis); sebelah selatan (Laut Kutub Selatan); sebelah barat (Samudra Pasifik dan Laut Bering); sebelah timur (Samudra Atlantik dan Laut Karibia).
B. Bentang alam
1)  Salah satu ciri khas Benua Amerika adalah memiliki ciri fisik berupa rantai pegunungan yang membujur dari Alaska di bagian Utara hingga di Pegunungan Tierra del Fuego di bagian Selatan. Rangkaian pegunungan tersebut menyatukan Pegunungan Alaska, Cascade, Nevada, Rocky, sampai Pegunungan Andes. Puncak tertinggi adalah Gunung Aconcagua (± 7.035 m).
2)  Dataran tinggi di Benua Amerika yaitu Dataran Tinggi Guyana di perbatasan Guyana-Suriname dan Dataran Tinggi Mattogrosso di Brasil. Selain itu, di kawasan Amerika Tengah juga terdapat Plato Tengah Meksiko yang bentuknya semakin melandai ke arah Utara serta Dataran Tinggi Colorado (Amerika Utara). Adapun dataran rendah terdapat di Amerika Utara bagian tengah, yaitu di kawasan Kanada, bagian tengah Amerika Serikat yang disebut Great Plain di Lembah Sungai Mississippi, serta Dataran Tinggi Anahuac di Meksiko. Sementara itu di Amerika Selatan, dataran rendahnya terdapat di Lembah Sungai Amazone (Brasil), Grand Chaco, dan Lembah Sungai Parana di Argentina.
3)  Benua Amerika juga memiliki wilayah gurun yaitu Gurun Great Basin, Gurun Mojave, Gurun Sonora, dan Gurun Chihuahua yang kesemuanya berada di wilayah Benua Amerika bagian Utara. Gurun yang berada di Benua Amerika bagian Selatan, yaitu Gurun Atacama di Cile (± 140.000 km²) yang merupakan gurun terkering di dunia dan Gurun Patagonia di perbatasan Cile-Argentina (± 673.000 km²).
C. Iklim                           
Wilayah Benua Amerika yang bersifat meridian menjadikan benua ini memiliki jenis iklim yaitu iklim tropis berada di Amerika Selatan tepatnya Lembah Amazone (Brasil); iklim subtropis berada di kawasan Amerika Serikat (Amerika Utara) dan di kawasan Argentina (Amerika Selatan); iklim dingin berada di bagian Utara, yaitu di Alaska (Amerika Serikat) dan bagian Utara Kanada.
Selain itu, terdapat juga iklim kontinental di bagian tengah benua, baik di wilayah Utara maupun di wilayah Selatan, serta terdapat juga iklim laut di kawasan Amerika Tengah, khususnya di Kepulauan Karibia dan di wilayah-wilayah sepanjang pantai.
D. Penduduk
1) Penduduk asli yaitu dari suku bangsa Mesiko yang hidup di daerah kutub suku bangsa Indian yang hidup di Amerika Tengah serta Amerika Latin. Orang Eskimo terkenal dengan rumah antik dare esnya yang disebut Iglo. Kedua etnis tersebut termasuk penduduk minoritas.
2)  Penduduk pendatang terdiri dari orang-orang Eropa, Inggris, Prancis, Spayol, Belanda, dan Portugis. Selain itu, banyak juga pendatang dari asia yang terdiri dari ras Mongoloid seperti dari Cina, Jepang, dan Melayu. Lalu, ada juga pendatang dari Afrika yang terdiri dari orang-orang negro atau kulit hitam yang lebih terkenal dengan sebutan black American.
3) Penduduk campuran diantaranya seperti ras Mulato (percampuran kulit putih dan kulit hitam), ras Mestizo (percampuran kulit putih dan Indian), ras Zambo (percampuran Idian dan negro), dan ras Kreol (kulit putih dan berwarna).
E. Karakteristik
Benua ini mempunyai air terjun terbesar di dunia, yaitu air terjun Guaria (di Brasil) debit air terbesar di dunia (13.310 m³/detik) dan air terjun Niagara (di Amerika Tengah); terdapat markas PBB di New York; tempat lahirnya mata uang internasional, yaitu US Dollar; penghasil kopi terbesar di dunia, yaitu Brazil; mempunyai lembah terluas di dunia yaitu Lembah Amazone (lembah hutan tropis) di Brazil; memiliki peninggalan bersejarah, yaitu piramida bangsa Inca; memiliki tempat terkering di dunia, yaitu Gurun Atacama, Chile.
F. Pembagian Kawasan
1)  Amerika Utara; wilayahnya meliputi Kanada, Amerika Serikat, Meksiko.
2)  Amerika Tengah; wilayahnya meliputi Angguilla, Antiqua dan Bermuda, Kep. Bahama, Barbados, Belize, Bermuda, Pulau Cayman, Costa Rika, Kuba, Dominika. Rep. Dominika, El Savaldor, Grenada, Guadeloupe, Guatemala, Haiti, Honduras, Jamaika, Martinique, Montserrat, Netherland Antillean, Nikaragua, Panama, Puerto Rico, St. Kitt, Nevis, St. Lucia, St. Vicente, Trinidad, Tobago.
3)  Amerika Selatan; wilayahnya meliputi Argentina, Bolivia, Brazil, Chili, Ecuador, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, Venezuela.

No comments: