23 May 2015

Benua Eropa


       Luas Benua Eropa adalah 10.600.000 km2. Sedangkan bila dihitung dari populasinya, benua ini terletak di urutan ke tiga (di bawah Asia dan Afrika) dengan 799.466.000 jiwa pada tahun 2003 (seperdelapan penduduk dunia).
A. Letak dan batas wilayah Benua Eropa
1)  Secara astronomis, Benua Eropa terletak antara 35°LU - 71°06’LU dan 9°27’BB - 66°20’BT. Secara geografis, terletak di sebelah Barat Benua Asia. Benua Eropa merupakan semenanjung bagian Barat Benua Asia yang dibatasi oleh rangkaian Pegunungan Ural.
2)  Batas wilayahnya yaitu sebelah utara (Samudra Arktik); sebelah selatan (Laut Tengah, Laut Hitam dan negara Turki); sebelah barat (Samudra Atlantik); sebelah timur (Benua Asia dan Laut Kaspia).
B. Bentang alam
1)  Eropa merupakan satu-satunya benua yang tidak memiliki wilayah gurun. Jika dilihat dari bentuk wilayahnya, maka benua ini dicirikan dengan bentukan alam semenanjung yang tersebar di tiga wilayah utama, yaitu Semenanjung Skandinavia di bagian Utara, Semenanjung Siberia di bagian Barat, dan Semenanjung Italia di bagian Selatan.
2)  Wilayah pegunungan di Eropa terdapat di bagian semenanjung-semenanjungnya yang dibedakan atas pegunungan tua di kawasan Utara dan pegunungan lipatan muda di kawasan Selatan. Pegunungan di Eropa, yaitu gugusan pegunungan tua di Norwegia yang membentang dari Utara ke Selatan dengan puncak tertinggi Gunung Galdhopiggen (± 2.470 m), Pegunungan Alpen di kawasan Mediterania dengan puncak tertinggi di Mount Blanc (± 4.808 m), Pegunungan Kaukasus di sebelah Selatan dengan puncak tertinggi di Gunung Elbrus (± 5.633 m), dan Pegunungan Ural di sebelah Timur yang merupakan batas alam antara Benua Eropa dengan Benua Asia. Gunung-gunung di wilayah Benua Eropa pada umumnya masih aktif, namun tidak terlalu tinggi, dan puncaknya diselimuti salju.
3)  Dataran rendah membentang dari lembah Garone di Prancis Barat Daya hingga Pegunungan Ural, meliputi Prancis Utara, Belgia, Belanda, Britania Tenggara, Jerman Utara, Denmark, Polandia, dan hampir semua wilayah negara pecahan Rusia di Eropa. Bagian yang benar-benar datar adalah wilayah Belanda.
C. Iklim
1)  Di bagian pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik, arus hangat yang mengalir dari Samudra Atlantik menyebabkan kawasan pantai di daerah tersebut tidak membeku.
2) Di bagian tengah terjadi peralihan iklim maritim yang basah ke iklim kontinen yang kering.
3) Di bagian Selatan dipengaruhi iklim Laut Mediterania dan angin dari kawasan gurun yang panas, sehingga kondisi cuacanya menjadi lebih hangat.
4) Di bagian Utara dipengaruhi iklim kutub yang dingin.
D. Penduduk
1)  Suku Nordik; di Negara Jerman, Belanda, Swedia, Inggris, Norwegia, dan Belgia. Suku ini bercirikan rambut pirang dan kasar.
2)  Suku Alpen; di Negara Prancis dan Swiss, mempunyai ciri rambut tebal dan gelap.
3)  Suku Dinarik; di Negara Rumania, mempunyai ciri rambut gelap.
4)  Suku Mediterania; di Negara Italia, Spanyol, dan Portugal. Mempunyai ciri bertubuh pendek dan berkulit kekuning-kuningan.
5)  Suku Slavia; di Negara Polandia, Bulgaria, Rusia, Ceko, Slovakia, Bosnia, Serbia, Montenegro, Slovenia, dan Kroasia.
E. Karakteristik Benua Eropa
Benua ini mayoritas penduduknya tinggal di daerah perkotaan; dilalui garis bujur 0° sebagai awal perhitungan waktu dunia; terdapat wilayah rawa terluas, yaitu Rawa Pripet (± 46.950 km²) di perbatasan Belarusia - Rusia; memiliki lima negara terkecil di dunia, yaitu Liechtenstein, Andora, Monaco, San Marino, dan Vatikan; terdapat negara-negara pelopor kolonisasi dan penjelajahan samudra, seperti Inggris, Portugal, Spanyol, Prancis, dan Belanda; memiliki pusat bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris; memiliki bangunan-bangunan keajaiban dunia, seperti menara Eiffel di Prancis, menara Pisa dan Colosseum di Italia.
F. Pembagian negara di kawasan Benua Eropa
1)  Eropa Barat; wilayahnya meliputi Inggris, Belanda, Irlandia, Prancis, Jerman, Luxemburg, Belgia, Austria, Swiss.
2)  Eropa Timur; wilayahnya meliputi Ceko, Slovakia, Polandia, Belarus, Hungaria, Czechnia, Rumania, Moldova, Bulgaria, Bosnia, Kroasia, Ukraine, dan Rusia.
3)  Eropa Selatan; wilayahnya meliputi Spanyol, Portugal, Italia, San Marino, Monaco, Yugoslavia, Macedonia, Albania, Malta, Yunani.
4)  Eropa Utara; wilayahnya meliputi Irlandia, Swedia, Norwegia, Latvia, Lithuania, Denmark, Finlandia.

No comments: