22 May 2015

Benua

      Benua adalah tanah daratan yang sangat luas (kontinen) di atas muka bumi. Pada awalnya, bumi merupakan satu benua atau satu daratan yang amat luas, belum terbagi-bagi oleh pergeseran kerak bumi. Semua benua yang ada sekarang ini tergabung menjadi satu yang disebut Benua Pangea. Benua Pangea terpecah menjadi Benua Laurasia (di bagian utara) dan Benua Gondwana (di bagian selatan). Benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membentuk benua Benua Amerika Utara. Sedangkan Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua, yaitu:
1.  Bagian barat bergeser terus ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan.
2.  Bagian timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika.
3.  Bagian yang lebih kecil di bagian timur terus bergerak ke arah timur laut dan menjadi India.
4.  Satu bagian lagi terpecah menjadi dua, yaitu bagian timur terus bergerak ke arah timur laut, dan pecahan bagian barat terus bergerak ke arah selatan.
Perkembangan selanjutnya, Amerika Utara bergabung menjadi satu dengan Amerika Selatan, Eurasia menjadi Benua Eropa dan Benua Asia. Bagian paling selatan yang bergerak ke selatan menjadi benua Antartika dan bagian dari bagian selatan yang bergerak ke timur laut menjadi Benua Australia.

No comments: