24 May 2015

Jalannya Perang Dunia II


A. Peperangan di Eropa
1.  Peperangan di berbagai front
a.  Front Eropa Timur
-    Pada tanggal 1 September 1939, Jerman menyerang Danzig/Polandia.
-    Pada tanggal 21 Agustus 1939, Jerman dan Uni Soviet menandatangani pakta nonagresi (tidak saling menyerang) akan tetapi Jerman mengingkari perjanjian tersebut dengan menyerang Uni Soviet pada bulan Juni 1941. Hal ini membuat negara-negara sekutu membantu Uni Soviet melawan Jerman.
b.  Front Eropa Barat
-    Pada 10 Mei 1940 Jerman menyerang Belanda, Belgia dan Luxemburg sehingga Ratu Wilhelmina dari Belanda melarikan diri ke London. Sedang Raja Belgia yakni Raja Leopold III menyatakan menyerah kepada Jerman pada tanggal 26 Mei 1940.
-    Pasukan Jerman bertempur melawan Prancis di kota Verdum tanggal 15 Juni 1940, dalam waktu singkat setengah wilayah Prancis dapat dikuasai Jerman termasuk Paris. akibatnya pasukan Prancis yang dipimpin oleh Jenderal Charles de Gaulle dapat dipukul mundur ke Inggris.
c. Front Eropa Tenggara
-    Jerman dan Italia berhasil menduduki negara-negara di Semenanjung Balkan. Sebagai reaksinya, rakyat Yugoslavia melakukan gerilya dipimpin oleh Joseph Broz Tito.
2.  Jalannya peperangan di berbagai front
Pada awal tahun 1945 keadaan menjadi terbalik, pasukan Jerman di Front Timur hancur yang mengakibatkan kota Warsawa, Krakow dan Lozt dikuasai Uni Soviet. Pada awal Februari, pasukan Inggris di Front Barat merebut Nijmegen. Pasukan Amerika merebut Trier, Cologne dan menyeberangi lembah Ruhr. Pada bulan April 1945, pasukan Amerika dan Uni Soviet telah bertemu di sepanjang Sungai Elbe.
Kekalahan demi kekalahan yang dialami Jerman membuat Adolf Hitler putus asa, sehingga pada tanggal 30 April 1945 melakukan buhun diri. Tampuk kepemimpinan sekarang berada di tangan Laksamana Doenitz. Walaupun Hitler sudah meninggal, pasukan Jerman di bawah pimpinan Laksamana Doenitz tetap melakukan perlawanan terhadap Sekutu. Setelah seluruh Berlin diserbu oleh pasukan Sekutu, Laksamana Doenitz menyerah tanpa syarat pada tanggal 7 Mei 1945 kepada Sekutu. Dengan penyerahan pasukan Jerman ini, Perang Dunia II di Eropa berakhir.
B. Peperangan di Afrika
Perang di Afrika dan Laut Tengah pecah sejak Italia menyatakan perang dengan Perancis dan Inggris pada tanggal 10 Juni 1940. Italia dapat dipukul mundur pada tanggal 5 Januari 1941 oleh pasukan Prancis pimpinan Jenderal Charles de Gaulle dan Inggris pimpinan Jenderal Montgomery. Serangan Sekutu terhadap Blok Sentral pada tanggal 23 Oktober 1942 di Afrika Utara dipusatkan di El Alamien, Mesir.
Tentara Jerman pimpinan Jenderal Erwin Rommel menyerbu Inggris di Afrika hingga sampai Alexandria. Serangan Jerman ke Afrika Utara dapat ditahan oleh Inggris di bawah pimpinan Jenderal Montgomery. Pada tanggal 7-11 November 1942, pasukan Amerika mendarat di Maroko dan Aljazair. Inggris di bawah Jenderal Montgomery kemudian menyerbu pertahanan Jerman di El Alamein. Serbuan mendadak dari arah belakang ini berhasil menghancurkan pasukan Jerman.
Pada tanggal 24 Januari 1943, bersama pasukan Amerika, Inggris, dan Perancis dibawah pimpinan Jenderal Montgomery dapat merebut Tripoli. Pada tanggal 8 Mei 1943, Jerman mnyerah di Tunisia dan tanggal 8 Mei 1943 menyerah di Bezerte. Kekalahan Jerman ini menandakan berakhirnya PD II di Afrika.
C. Peperangan di Asia Pasifik
Perang Asia Pasifik dimulai setelah Jepang menyerang pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai pada tanggal 7 Desember 1941. Serbuan Jepang dilanjutkan ke negara-negara di Asia Tenggara dengan menduduki Muangthai, Birma (Myanmar), Malaysia, Filipina dan Hindia Belanda (Indonesia). Kemudian di bawah pimpinan Jenderal Yamashita, Jepang terus bergerak mengusai Asia Tenggara. Dalam penyerbuan di Malaka pada tanggal 10 Desember 1941, kapal induk Inggris yaitu HMS Princes of Wales dan HMS Repulse berhasil ditenggelamkan Jepang. Akibatnya Jenderal Percival menyatakan menyerah kepada Jepang pada tanggal 14 Februari 1942.
Di bawah pimpinan Jenderal Dauglas Mac Arthur dan Laksamana Chester Nimitz, Sekutu dapat mengalahkan Jepang dalam pertempuran di Laut Karang pada 4 Mei 1942. Dan kekalahan Jepang terbesar terjadi pertempuran di Guadalacanal pada 7 Agustus 1942-9 Februari 1943. Selanjutnya wilayah-wilayah yang dapat direbut oleh Sekutu pimpinan Amerika Serikat diantaranya Filipina (22 Oktober 1944), Iwo Jima (17 Maret 1945), Okinawa (21 Juni 1945). Inggris di bawah Lord Louis Mauntbatten menyerbu Birma (Myanmar) dan menghancurkan tentara Jepang (30 April 1945). Dan yang membuat Jepang semakin terdesak serta mendekati kekalahan yaitu setelah Pulau Saipan di Kepulauan Mariana dapat dikuasai oleh Sekutu. Melalui kedua tempat tersebut Sekutu dapat menyerang Jepang melalui udara. Walaupun sudah diserang melalui udara, Jepang tetap tidak menyerah. Oleh karena itu Amerika Serikat mengebom kota Hirosima (6 Agustus 1945) dan kota Nagasaki (9 Agustus 1945).
Hancurnya kedua kota tersebut membuat Jepang menyerah kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 yang diumumkan Kaisar Hirohito. Dan secara resmi, upacara penyerahan Jepang baru diadakan pada tanggal 2 September 1945 di atas kapal perang miliki Amerika Serikat “Missouri” yang berlabuh di Teluk Tokyo. Dengan demikian PD II di medan Asia Pasifik berakhir.

No comments: