A. Golongan Penjual
1) Penjual
marginal, yaitu penjual yang memiliki harga pokok barang sama dengan harga
pasar.
2) Penjual
super marginal, yaitu penjual yang memiliki harga pokok barang lebih rendah
dibandingkan harga pasar.
3) Penjual
submarginal, yaitu penjual yang memiliki harga pokok barang lebih tinggi
dibandingkan harga pasar.
B. Golongan
pembeli
1) Pembeli
marginal, yaitu pembeli yang mempunyai daya beli sama dengan harga pasar.
2) Pembeli
super marginal, yaitu pembeli yang mempunyai daya beli lebih tinggi
dibandingkan harga pasar.
3) Pembeli
sub marginal, yaitu pembeli yang mempunyai daya beli lebih rendah dibandingkan
harga pasar.
C. Penggolongan di
atas disimpulkan:
1) Terdapat pembeli/penjual yang memperoleh keuntungan.
- Pembeli
yang memiliki kemampuan lebih tinggi (pembeli super marginal) mendapat premi
konsumen.
- Penjual
yang memiliki perhitungan harga pokok di bawah harga pasar (penjual super
marginal) mendapatkan premi produsen.
2) Terdapat pembeli/penjual yang menderita
kerugian.
- Pembeli
sub marginal yang memiliki kemampuan membeli di bawah harga pasar.
- Penjual
sub marginal yang memiliki perhitungan harga pokok di atas harga pasar.
3) Terdapat pembeli/penjual yang impas (break
even point)
- Tidak memperoleh keuntungan dan kerugian
karena harga pokok sama dengan harga pasar serta kemampuan membeli sama dengan
harga pasar.
No comments:
Post a Comment