1. Pengertian
penawaran
Penawaran adalah
keseluruhan jumlah barang yang ditawarkan pada berbagai
tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.
2. Faktor-faktor
yang mempengaruhi besarnya penawaran
Faktor-faktor yang
mempengaruhi besarnya penawaran diantaranya harga barang itu sendiri, biaya
produksi, kemajuan teknologi, pajak, perkiraan harga di masa datang, tujuan
perusahaan.
3. Macam-macam
penawaran
a) Penawaran
perorangan atau penawaran individual, yaitu jumlah barang atau jasa yang akan
dijual oleh seorang produsen atau penjual terhadap sejumlah kebutuhan konsumen
(pembeli).
b) Penawaran
kolektif atau penawaran pasar, yaitu keseluruhan jumlah suatu barang atau jasa
yang ditawarkan oleh produsen-produsen di pasar.
4. Hukum
penawaran
Bunyi Hukum Penawaran:
“Apabila harga suatu barang atau jasa naik, maka jumlah barang atau jasa yang
ditawarkan penjual akan bertambah dan sebaliknya, apabila harga suatu barang atau
jasa turun, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan penjual akan
berkurang”. Hukum ini berlaku terjadinya ceteris paribus.
5. Kurva
penawaran
Kurva penawaran adalah
kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan
oleh penjual pada berbagai tingkat harga.
Contoh:
Daftar penawaran buah apel:
No.
|
Harga buah apel tiap kg (P)
|
Jumlah buah apel tiap kg
yang ditawar (S)
|
1.
|
Rp 2.500,00
|
300
|
2.
|
Rp 5.000,00
|
600
|
3.
|
Rp 7.500,00
|
900
|
4.
|
Rp 10.000,00
|
1200
|
5.
|
Rp 12.500,00
|
1500
|
6.
|
Rp 15.000,00
|
1800
|
Dari daftar penawaran di atas, maka kurva penawarannya sebagai
berikut:

Berdasarkan kurva
penawaran di atas, dapat diketahui bahwa kurva bergerak dari kiri bawah ke
kanan atas. Dengan demikian kurva penawaran mempunyai slope positif. Artinya
jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga barang. Semakin
tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan.
6. Pergeseran
kurva penawaran
Bergesernya kurva
penawaran ditandai dengan bergeraknya kurva ke kanan atau ke kiri. Kurva
penawaran bergeser ke kiri, artinya jumlah penawarannya mengalami kenaikan.
Namun, ketika kurva penawaran barang bergeser ke kiri, berarti terjadi
penurunan penawaran barang. Perhatikanlah tabel di bawah ini!
Harga buah apel (Rp/kg)
|
Jumlah buah apel yang ditawarkan
|
|
Sebelum harga naik
|
Setelah harga naik
|
|
2.500
|
75
|
50
|
5.000
|
100
|
75
|
7.500
|
125
|
100
|
10.000
|
150
|
125
|
12.500
|
175
|
150
|
15.000
|
200
|
175
|
Gambar dari kurva penawaran berdasarkan tabel di
atas sebagai berikut:
No comments:
Post a Comment