23 May 2015

Daerah Kutub



A. Kutub Utara
Kawasan Kutub Utara sebenarnya adalah perairan luas yang selalu tertutup lapisan es. Itulah sebabnya kawasan itu tidak disebut benua. Wilayah kutub utara juga mencakup daratan yang mengelilinginya, yang terletak di sebelah utara garis imajiner 66°30’LU. Daratan itu mencakup Benua Eropa, Asia, Amerika, dan Tanah Hijau (Greenland). Iklim di Kutub Utara sangat dingin. Di tempat tertentu, suhu musim dingin dapat mencapai -70°C.
Sebagian besar penduduk yang tinggal di kawasan Arktik adalah orang Eskimo. Beberapa suku lain di kawasan tersebut adalah suku Lapp, Nensti, Chukchi, Ostyak, Koryak, Yukaghir, dan Tungus. Suku-suku tersebut tinggal di sepanjang pantai Siberia Timur Laut, daerah kepulauan di Laut Bering, pantai Alaska, pulau-pulau di utara Canada dan sepanjang pantai timur Greenland. Mata pencaharian penduduk adalah berburu binatang dan menangkap ikan. Tempat tinggal mereka disebut Igloo, yang terbuat dari gumpalan rumput, gumpalan salju, batu, dan kayu yang terbawa arus.
B. Kutub Selatan
Daerah kutub Selatan adalah benua yang disebut Antartika, yang luasnya 15,5 juta km2, dan dikelilingi oleh Samudra Atlantik, Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Benua Antartika merupakan dataran tinggi yang berupa gumpalan gunung es dengan ketebalan rata-rata 2.200 m. Gunung-gunung di kutub selatan diantaranya Gunung Vinsion Massif (± 5.140 m), Gunung Sidley (± 4.181 m), Gunung Charles (± 3.355 m), dan Gunung Seelig (± 3.022 m). Suhu terendah mencapai -89,20°C.
Kawasan dataran di Antartika meliputi Dataran Wilkes (terluas), Dataran Dronning Maud, Dataran Palmer, Dataran Robinson, Dataran Enderberg, dan Dataran Ellishworth. Selain itu, terdapat juga Dataran Tinggi Amerika, Dataran Tinggi Marie Byrd, dan Dataran Tinggi Victoria.

No comments: