Search

11 May 2015

Elastisitas permintaan

A. Pengertian Elastisitas Permintaan
Elastisitas permintaan adalah tingkat perubahan permintaan terhadap barang/jasa, yang diakibatkan adanya perubahan harga barang/jasa tersebut. Untuk mengukur besar/kecilnya tingkat perubahan tersebut, diukur dengan angka-angka yang disebut Koefisien Elastisitas permintaan (Elasticity Demand).
B. Macam-macam Elastisitas Permintaan
a)
Permintaan inelastis sempurna yaitu bila perubahan harga barang tidak berpengaruh terhadap jumlah barang/jasa yang diminta. Permintaan inelastis sempurna terjadi jika E­d = 0, artinya bahwa perubahan sama sekali tidak ada pengaruhnya terhadap jumlah permintaan.
b)
Permintaan inelastis yaitu bila pengaruh perubahan barang lebih besar daripada pengaruh perubahan jumlah barang/jasa yang diminta. Permintaan inelastis terjadi jika E­d < 1, artinya perubahan harga hanya diikuti perubahan jumlah yang diminta dalam jumlah yang relatif lebih kecil.
c)
Permintaan elastis uniter yaitu bila pengaruh harga terhadap jumlah barang dan jasa yang diminta sebanding. Permintaan elastis uniter terjadi jika E­d = 1, artinya perubahan harga diikuti oleh perubahan jumlah permintaan yang sama.
d)
Permintaan elastis yaitu bila pengaruh harga lebih kecil daripada pengaruh perubahan jumlah barang/jasa yang diminta. Permintaan elastis terjadi jika E­d > 1, artinya perubahan harga diikuti jumlah permintaan dalam jumlah yang lebih besar.
e)
Permintaan elastis sempurna yaitu perubahan permintaan tidak berpengaruh sama sekali terhadap perubahan harga. Permintaan elastis sempurna terjadi jika E­d = ~, artinya bahwa perubahan harga tidak diakibatkan oleh naik-turunnya jumlah permintaan.
C. Rumus koefisien elastisitas permintaan:
Ed     = (∆Qd/∆Pd) x (Pd/Qd)
Keterangan:
Ed    =  Koefisien elastisitas permintaan
∆Qd =  Perubahan jumlah barang dan jasa yang diminta
∆Pd  =  Perubahan harga barang
Pd    =  Harga barang
Qd   =  Jumlah barang dan jasa yang diminta
Contoh:
-   Pada saat harga barang Rp 8.000,00, jumlah barang yang diminta 150 unit. Dan saat harga barang Rp 12.000,00, jumlah barang yang diminta 115 unit. Tentukan besarnya koefisien elastisitas permintaannya!
Diketahui:
Pd = Rp 8.000,00     Qd = 150 unit
Pd = Rp 12.000,00 →  Qd = 115 unit
Ditanyakan: E­d = ?
Jawab:
∆Pd  = Rp 12.000,00 – Rp 8.000,00 = Rp 4.000,00
∆Qd = 150 – 115 = 35 unit
Ed     = (∆Qd/∆Pd) x (Pd/Qd)
Ed     = (35/4.000) x (8.000/150)
        = 0,46
d < 1, berarti termasuk dalam permintaan inelastis.

No comments: